Teori Film

Sabtu, 01 Juni 2013

my masterpiece- 1


                                                    KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Allah. S.W.T, dzat pencipta pikiran dan segala Mahakarya. 
Kurun sebelas  tahun menghabiskan waktu pada almamater ini, akhirnya saya bisa menulis kata pengantar untuk tugas akhir ini.  Semoga apa yang saya dapatkan pada  penjurusan  ‘yang tak lazim ini’  memberikan dampak positif  pada pribadi saya. 
Untuk itu saya hanya bisa berterima kasih kepada orang-orang yang membantu dan menginspirasi saya dalam mengerjakan skripsi ini;
-          Terima kasih banyak kepada  M Ariansah (Bang Ale)  atas seluruh waktu dan  ilmunya  yang  menjadikan saya tidak sia sia belajar  pada institusi ini, di mana  rekaman suara selama bimbingannya sudah jadi satu album.
-          Terima kasih kepada para Dosen Kajian Sinema (Nan T Achnas, Seno Gumira Adjidarma, Matius Ali,  Jimmy Paat,  M. Ariansah) atas seluruh ilmu yang ‘ tak lazim ini’.
-          Kepada seluruh Dosen, Staff,  Karyawan dan lingkungan FFTV IKJ.
-          Kepada  kawan  seangkatan 2003, srisulastri, spesial buat negeri maling yang lebih dulu berguguran di jurusan kajian film, selamat menyaksikan transformasi  -Arjuna menjadi Sawerigading-. Semoga kalian ‘menyesal’ karena saya adalah manusia terakhir dalam era terbaik dijurusan kajian film IKJ.
-          Kepada Istriku Nisa, dan Anakku Lagaligo Ramadhansky Patawari
-          Kepada  saudaraku dan Orangtuaku yang selalu mendoakanku dunia akhirat. Akhirnya saya punya jawaban, ‘Kapan kamu lulus dari IKJ’?
       28 Februari 2013
          I am ‘the Last’.      
                                                                             


DAFTAR ISI

HALAMAN PENGESAHAN                                                                      
         
KATA PENGANTAR                                                                                          
DAFTAR ISI                                                                                                       
ABSTRAK                                                                                                              
BAB I            

  PENDAHULUAN
I.1. Latar Belakang                                                                                              
I.2. Ruang Lingkup   
                                                                          
I.3. Rumusan Masalah                                                                         
I.4. Tujuan Penelitian                                                                        
I.5. Metode Penelitian                                                                      
I.6.Sistemetika Penulisan                                                                   

BAB II           METODE  STATISTICAL STYLE ANALYSIS
II. 1. Perkembangan Analisis Style                                                     
II.1.1. Pengaruh Structuralist.                                                   
II.1.2. Pengaruh Post-Structuralist.                                    
      
II.2.  Kritik Analisis di Luar Konteks Film
(Lahirnya Neo-Formalisme)                                                   
a.    Neo-Formalisme David Bordwell                                    
b.    Neo-Formalisme Barry Salt                                                  
II.3. Biografi dan Pemikiran Barry Salt                                            
II.4. Lahirnya Statistical Style Analysis                                              
II.5.  Statistical Style Analysis;  
Pendekatan Kuantitatif Dalam Analisis Film                                    
II. 6. Statistical Style Analysis; Teori Praksis                                      



BAB III          ANALISIS  STYLE  FILM CHAERUL UMAM
III. 1. Perjalanan Karir Sinema Chaerul Umam                             
III. 2. Analisis Statistik Film-Film Chaerul Umam        
                     
a.       Panjang rata-rata shot (Average Shot Length/ASL)          
    
b.      Skala Shot Film-Film Chaerul Umam                    
               
c.       Camera Movement- Camera Work                                      

BAB IV          ANALISIS DATA & EVALUASI FILM CHAERUL UMAM
IV.1. Kritik Interpretasi                                                                     
IV.2. Teori Film Praksis; Sebuah analisis data yang akurat                
IV.3. Hasil Analisis dan Evaluasi Style Chaerul Umam                    
a.    Average shot length/ASL                                                    
b.     Skala shot                                                                        
c.    Camera movement- Camera work                                       
 IV.4. Evaluasi Style Film Chaerul Umam                                          
a.    Evaluasi style ASL  (Avarege Shot Length)                          
b.    Evaluasi style Shot Scale                                                     
c.    Evaluasi style Camera Work                                                                             
                                                                                              
IV.5. Kritik Terhadap Statistical Style Analysis     
                        
IV. 5.1. Perbedaan Analisis Kuantitatif  (statistik)
 dan Kualitatif                                                              

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
V.1. Kesimpulan                                                                                 
V.2. Saran                                                                                                                             
DAFTAR PUSTAKA                                                                                           
LAMPIRAN                                                                                                            





ABSTRAK
Film menjadi sebuah seni melalui style atau perangkat teknis yang bekerja pada medium film. Hal ini terlihat sejak era tradisi klasik dalam sinema, bahwa film memiliki konsep yang  mampu berdiri sendiri tanpa melibatkan faktor lain untuk menjadikan film sebagai seni.
Seiring pekembangannya, style tidak lagi dianggap krusial untuk membicarakan film sebagai seni. Masuknya film bersuara di era 1930-an menjadikan wacana tentang film seakan beralih kiblat pada kekuatan naratif.  Melalui konsep naratif menjadikan film dilirik berbagai bidang keilmuan, sebuah hal yang sangat berpengaruh, bagaimana film menjadi disiplin ilmu yang bisa dianalisis dari berbagai persfektif keilmuan.
Dengan beralasan film merupakan hasil dari perpaduan banyak ilmu –teknologi, estetika, sosiologi, sastra, dan lain sebagainya, menjadikan style sebagai ranah analisis ilmu-ilmu sosial dengan beragam metode pendekatan, seperti semiotika, psikoanalisis, dan berbagai macam pendekatan lainnya. Efeknya, analisis style  bersifat subjektif sebagai ‘ajang pembuktian diri’. Padahal sebagai bagian sebuah disiplin ilmu,  analisis style sudah seharusnya menghormati kaidah-kaidah ilmiah yang objektif, rasional, terukur, empiris dan sistematis.
Melalui skripsi ini, penulis mengaplikasikan Statistical Style Analysis sebuah pendekatan yang menunjukkan bahwa esensi film memiliki kaidah-kaidah  ilmiah tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar